Senin, 06 November 2023

MACAM/BENTUK ISIM

 

MACAM/BENTUK ISIM

 

Syibul Jumlah (شبه الجملة)

Setiap susunan kalimah (kata) yang terdiri atas:

1.    Zharaf dan Mudhaf Ilaih;

2.    Jarr dan Majrur.


Isim Ma’rifat

1.    Isim Dhamir (kata ganti orang/benda);

2.    Isim ‘Alam (nama sesuatu);

3.    Isim Isyarah (kata ganti tunjuk);

4.    Isim Maushul (kata ganti penghubung);

5.    Isim yang di-ma’rifat-kan dengan الْ;

6.    Isim yang di-idhafah-kan (disandarkan) pada isim yang di-ma’rifat-kan dengan الْ;

7.    Munada (orang/benda yang dipanggil) yang sudah diketahui siapa orang/bendanya.


Mashdar (مصدر)

Isim yang menunjukkan suatu makna yang terlepas dari waktu. Tersusun dari huruf yang menyusun Fi’il.

1.    Mashdar Sharih (turunan dari Fi’ilnya);

2.    Mashdar Mu’awal ((Fi’il + أَنْ) dan (Khabar Anna + Isim Anna + أَنَّ)).


Mubtada’ (مبتدأ)

1.    Isim Mu’rab;

2.    Isim Mabni (isim dhamir, isim isyarah, isim maushul, isim syarth);

3.    Mashdar Mu’awwal (Fi’il + أَنْ).


Khabar (خبر)

1.    Isim Zhahir (baik yang mu’rab maupun mabni);

a.    Isim Zhahir Mu’rab (Isim Jamid dan Isim Musytaq).

b.    Isim Zhahir Mabni (Isim Dhamir, Isim Isyarah, Isim Maushul).

2.    Syibhul Jumlah;

3.    Jumlah (Ismiyah dan Fi’liyah).

 

Kana (كان)

*        Kana dan semua saudaranya adalah Fi’il.

1.    Untuk menunjukkan waktu;

بَاتَ

أَمْسَى

ظَلَّ

أَضْحَى

أَصْبَحَ

 

2.    Untuk menunjukkan perubahan

صَارَ

 

3.    Untuk nafi

لَيْسَ

 

4.    Untuk menunjukkan kesinambungan

مَا فَتِىَٔ

مَا اَنْفَكَّ

مَا بَرِحَ

مَا زَالَ

5.    Untuk menunjukkan jangka waktu

مَا دَامَ

 

*        Dilihat dari perubahan bentuknya, dikelompokkan menjadi tiga:

1.    Bentuknya bisa berubah menjadi fi’il mudhari’ dam fi’il amr.

صَارَ

بَاتَ

أَمْسَى

ظَلَّ

أَضْحَى

أَصْبَحَ

كَانَ

 

2.    Bentuknya hanya bisa berubah menjadi fi’il mudhari’.

مَا فَتِىَٔ

مَا اَنْفَكَّ

مَا بَرِحَ

مَا زَالَ

 

3.    Bentuknya tidak bisa berubah.

مَا دَامَ

لَيْسَ

 

*        Termasuk saudara Kana:

Khabar dari fi’il-fi’il di bawah ini selalu berupa jumlah fi’liyah yang fi’il-nya berbentuk fi’il mudhari’.

1.    Af’al Muqarabah (fi’il-fi’il yang menunjukkan makna “nyaris”);

أَوْشَكَ

كَرِبَ

كَادَ

 

2.    Af’al Raja’ (fi’il-fi’il yang menunjukkan makna “harapan”);

إِخْلَوْلَقَ

حَرَى

عَسَى

 

3.    Af’al Syuru’ (fi’il-fi’il yang menunjukkan makna “mulai melakukan”);

هَبَّ

جَعَلَ

طَفِقَ

أَخَذَ

أَنْشَأَ

شَرَعَ

 

*        Isim Kana

1.    Isim Murab;

2.    Isim Mabni (isim dhamir, isim isyarah, isim maushul dst.).

 

*        Khabar Kana

1.    Isim Zhahir;

2.    Syibhul Jumlam;

3.    Jumlah (Ismiyah dan Fi’liyah).


*      Inna (إِنَّ)

1

إِنَّ

Untuk menyatakan penegasan (taukid);

2

أَنَّ

Idem. Syaratnya: Harus didahului oleh sebuah kalam/jumlah;

3

كَأَنَّ

Untuk menyatakan penyerupaan (tasybih) jika khabar-nya berupa isim jamid; dan untuk menyatakan dugaan (zhann) jika khabar-nya berupa isim musytaq;

4

لَكِنَّ

Untuk menyatakan pertentangan (istidrak) antara kalimat sesudahnya dan keadaan kalimat sebelumnya. Oleh karena itu, lakinna harus didahului kalam/jumlah.

5

لَعَلَّ

Untuk menyatakan harapan yang besar kemungkinan terjadinya (raja’);

6

لَيْتَ

Untuk menyatakan harapan yang kecil kemungkinan terjadinya (tamanni);

7

لَا

Untuk menyatakan negasi (nafi).

 

*      Khabar Inna

1.    Isim Zhahir;

2.    Syibul Jumlah;

3.    Jumlah Ismiyah dan Fi’liyah.

 

*      Isim Inna

1.    Isim Mu’rab;

2.    Isim Mabni (isim dhamir, isim isyarah, isim maushul, dll).

 

*      Fa’il

1.    Isim Mu’rab;

2.    Isim Mabni (isim dhamir (zhahir, mustatir), isim isyarah, isim maushul, dst.);

3.    Mashdar Mu’awwal ((Fi’il + أَنْ) dan (Khabar Anna + Isim Anna + أَنَّ)).

 

*      Naibul Fa’il

1.    Isim Mu’rab;

2.    Isim Mabni (isim dhamir (zhahir, mustatir), isim isyarah, isim maushul, dst.);

3.    Mashdar Mu’awwal ((Fi’il + أَنْ) dan (Khabar Anna + Isim Anna + أَنَّ)).

4.    Mashdar Sharih, Zharaf Mutasharrif, Jarr + Majrur (apabila fi’il-nya tidak mempunyai maf’ul bih dan bentuknya berubah menjadi mabni majhul).

 

*      Na’at

1.    Na’at Haqiqi (menunjukkan sifat yang ada pada matbu’ itu sendiri);

Mengikuti matbu’ dari segi definisinya (ma’rifat ataukah nakirah), Jumlahnya (mufrad, mutsanna ataukah jama’) dan jenis kelaminnya (mudzakkar/muannats).

a.    Isim Zhahir.

b.    Syibul Jumlah.

c.    Jumlah Ismiyah atau Fi’liyah.

2.    Na’at Sababi (menunjukkan sifat yang ada pada isim yang memiliki ikatan dengan matbu’).

*      ‘Athaf

1

وَ

Dan; untuk menunjukkan himpunan.

2

فَ

Kemudian; untuk menunjukkan urutan waktu yang berdekatan.

3

ثُمَّ

Kemudian; untuk mrnunjukkan urutan waktu yang berselang.

4

أَوْ

Atau; untuk menunjukkan piluhan atau keraguan.

5

أَمْ

Ataukah; untuk menunjukkann penentuan

6

لَا

Tidak/bukan; untuk menunjukkan tidak berlakunya kondisi matbu’ pada tabi’.

7

لَكِنْ

Tetapi; untuk membatalkan kondisi matbu’.

8

بَلْ

Tetapi/bahkan; untuk menunjukkan peralihan dan kondisi matbu’.

9

حَتَّى

Sampai/hingga; untuk menunjukkan batas waktu.

 

*      Taukid

1.    Taukid Lafzhi (dengan mengulan muakkad (kata yang hendak di-taukid)).

2.    Taukid Ma’nawi, dengan menambahkan:

كِلْتَا

كِلَا

عَامَةُ

جَمِيْعُ

كُلُّ

عَيْنُ

نَفْسُ

 

*      Badal

1

بَدَلٌ مُطَابِقٌ

yang mewakili keseluruhan mubdal minhu.

2

بَدَلُ بَعْضٍ مِنْ كُلٍّ

yang mewakili sebagian dari mubdal minhu.

3

بَدَلٌ اِشْتِمَالٌ

yang mewakili apa yang dikandung mubdal minhu.

 

*      Maf’ul Bih

1.    Isim Mu’rab

2.    Isim Mabni (isim dhamir (muttashil, munfashil), isim isyarah, isim maushul, dst.);

3.    Mashdar Mu’awwal ((Fi’il + أَنْ) dan (Khabar Anna + Isim Anna + أَنَّ)).

 

A.   Fi’il-fi’il yang me-nashab-kan dua maf’ul bih, yang keduanya berasal dari susunan mubtada’-khabar.

Menunjukkan makna dugaan

أَفْعَالُ الظَّنِّ

ظَّنَ - خَالَ - حَسِبَ - زَعِمَ - جَعَلَ - هَبَّ

Menunjukkan makna meyakini

أَفْعَالُ الْيَقِيْنِ

رَأَى - عَلِمَ - وَجَدَ - أَلْفَى - تَعَلَّمْ (بمعنى إِعْلَمْ)

Menunjukkan makna perubahan

أَفْعَالُ التَّحْوِيْلِ

صَبَّرَ - حَوَّلَ - جَعَلَ - رَدَّ - اتَّخَذَ - تَخِذَ

 

B.   Fi’il-fi’il yang me-nashab-kan dua maf’ul bih, yang keduanya tidak berasal dari susunan mubtada’-khabar.

كَسَا - أَلْبَسَ - أَعْطَى - مَنَحَ - سَأَلَ - مَنَعَ

 

*        Maf’ul Muthlaq

1.     Mashdar (dari Fi’il yang bersangkutan);

 

Terkadang. Kedudukan Maf’ul Muthlaq digantikan oleh sejumlah kata yang menerangkan maknanya.

2.     Kata “كُلّ” atau “بَعْض”, yaitu dengan meng-idhafah-kan keduanya kepada Mashdar;

3.     Sinonim dari Mashdar Fi’il Maf’ul Muthlaq;

4.     Sifat dari Mashdar Fi’il Maf’ul Muthlaq;

5.     Isim Isyarah sebelum Mashdar Fi’il Maf’ul Muthlaq;

6.     Kata yang menerangkan satuan jumlah Mashdar Fi’il Maf’ul Muthlaq

 

*        Maf’ul Liajlih

Terbentuk dari Mashdar (Qalbi) dan merupakan alasan terjadinya sebuah perbuatan.

Mashdar Qalbi adalah Mashdar yang menunjukkan pekerjaan hati.

 

*        Maf’ul Fih/Zharaf

A.     Zharaf Zaman yang populer:

غَد

لَيْل

ظُهْر

مَسَاء

صَبَاح

سَنَة

شَهْر

أُسْبُوْع

يَوْم

سَاعَة

أَثْنَاء

خِلَال

طِوَالَ

بَعْدَ

قَبْلَ

حِيْنَ

فَتْرَةُ

مُدَّة

بُرْهَة

لَحْظَة

 

B.    Zharaf Makan yang populer

شَرْق

جَنُوْب

شِمَال

يَسَار

يَمِيْن

خَلْفَ

وَرَاءَ

أَمَامَ

لَدَى

عِنْدَ

بَيْنَ

تَحْتَ

قَرْب

فَوْقَ

وَسَط

غَرْب

كِيْلُوْمِتْر

فَرْسَخ

مِيْل

دُوْنَ

حَوْل

نَحْوَ

تِجَاهَ

تِلْقَاءَ

 

Zharaf Zaman dan Zharaf makan terbagi ke dalam:

1.    Zharaf Mutasharrif (kata-kata yang bisa dipakai sebagai zharaf dan bisa dipakai sebagai selain zharaf, artinya status i’rab tergantung pada kedudukannya dalam jumlah, menjadi mubtada’, khabar dll).

لَيْل

ظُهْر

مَسَاء

صَبَاح

سَنَة

شَهْر

يَوْم

يَمِيْن

كِيْلُوْمِتْر

فَرْسَخ

مِيْل

بُرْهَة

لَحْظَة

غَرْب

شَرْق

جَنُوْب

شِمَال

وَسَط

يَسَار

 

2.    Zharaf Ghairu Mutasharrif (kata-kata yang hanya dapat digunakan sebagai zharaf).

أَمَامَ

أَثْنَاء

خِلَال

طِوَالَ

بَعْدَ

قَبْلَ

حِيْنَ

عِنْدَ

بَيْنَ

تَحْتَ

فَوْقَ

خَلْفَ

وَرَاءَ

دُوْنَ

حَوْل

نَحْوَ

تِجَاهَ

تِلْقَاءَ

لَدَى

 

Zharaf yang berstatus mabni:

حَيْثُ

أَمْسِ

اَلْآنَ

 

Hal

Isim Nakirah, bertugas menjawab pertanyaan “كَيْفَ” (bagaimana). Fa’il/Maf’ul bih yang keadaannya dijelaskan oleh Hal dinamakan “صَاحب الحال”, dan harus Ma’rifat.

1.    Isim Zhahir (biasanya berupa Isim Shifat Nakirah);

2.    Syibul Jumlah;

3.    Jumlah Ismiyah dan Fi’liyah.

 

Mustastna

Adat Ististna’:

حَاشَا

عَدَا

خَلَا

سِوَى

غَيْرَ

إِلَّا

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Font Arabic Pilihan untuk Desain Islami yang Elegan dan Modern

                                Foto:  pixelshot Pemilihan font sangat menentukan nuansa dan pesan dari suatu karya visual. Untuk desain yan...